https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ALASAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH (SMP DAN SMA) MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR PRIVAT PELAJARAN MATEMATIKA | Andraeni | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

ALASAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH (SMP DAN SMA) MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR PRIVAT PELAJARAN MATEMATIKA

Susi Andraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab: (1) orang tua dan peserta didik le-bih memilih mengikuti bimbingan belajar privat daripada bimbingan belajar kelompok untuk mata pelajaran matematika; (2) tingginya minat peserta didik mengikuti bimbi-ngan belajar privat matematika; dan (3) orang tua dan peserta didik kurang percaya ter-hadap pendidikan yang diberikan oleh guru matematika di sekolah. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik yang mengikuti bimbingan belajar privat. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik sampling adalah snowball sampling. Sampel penelitian adalah siswa SMP N 6 Purworejo, SMP N 33 Purworejo, dan SMA N 5 Purworejo serta orang tua masing-masing siswa. Diperoleh hasil penelitian tingginya minat siswa mengikuti bimbingan belajar privat matematika adalah dengan bimbingan belajar privat nilai matematika menjadi lebih meningkat, pemahaman materi lebih baik, suasana belajar kondusif, dan siswa tidak canggung bertanya kepada pengajar.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i1.2864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.